Sejarah
Diposting tanggal: 06 September 2012

SMA Bakti Mulya 400 didirikan pada tahun pelajaran 1999/2000. Dilihat dari usianya SMA Bakti Mulya 400 baru berusia + 13 Tahun.

Dimulai pada tanggal 30 September 1983 ditandatanganinya surat perjanjian kerja sama dalam bidang pendidikan antara Yayasan Keluarga 400 dengan Yayasan Pondok Mulya. Yayasan Keluarga 400 merupakan organisasi yang menghimpun ex Tentara Pelajar Bataliyon 400 Brigade 17, sedangkan Yayasan Pondok Mulya adalah yayasan pengelola Real Estate Pondok Indah.

Dalam rangka kerja sama tersebut, lahirlah Badan Kerja Sama Pendidikan Pondok Mulya Ikatan Keluarga 400 disingkat BKSP Pondok Mulya - Ikatan Keluarga 400. Keputusan kerja sama tersebut merupakan kesepakatan bersama untuk ikut serta dalam menopang kebijakan pemerintah di bidang pendidikan melalui usaha penyediaan fasilitas pendidikan yang menampung anak-anak usia sekolah. Selanjutnya dalam usaha kerja sama tersebut menggunakan nama Badan Kerja Sama Pendidikan Pondok Mulya - Ikatan Keluarga 400. Namun setelah mengalami beberapa proses akhirnya disepakati nama yang lebih praktis yaitu Badan Kerja Sama Pendidikan Bakti Mulya 400, disingkat BKSP Bakti Mulya 400.

Dalam melaksanakan kegiatannya, BKSP Bakti Mulya 400 berpegang pada motto : "Berbakti Pada Nusa dan Bangsa Seumur Hidup". Motto ini dilandasi idelisme dan bermodal patriotisme dengan meyakini bahsa pendidikan merupakan "Human Investment" yang mempunyai jangkauan jauh ke masa depan.

Prestasi awal SMA  Bakti Mulya 400 telah di percaya  sebagai pasukan paskibra pada upacara Hari sumpah pemuda 28 Oktober 1999 di Kanwil  Jakarta Selatan dan peringkat lima catur wulan dua Dari empat belas SMA negri  dan swasta di Kec. Kebayoran  lama. Sekolah yang terdiri tiga lantai  dengan di lengkapi sarana pembelajaran Lab  IPA  (Kimia. Fisika. Biologi), Lab. Bahasa, Lab Komputer, Lab Elektronika, Lab, Tata Busana, Perpustakaan, Green House, Studio Musik, Lapangan Olah raga Indoor OutDoor, Mushalla, Kantin, 18 ruang kelas ber AC dan sarana penunjang lainya pada tanggal 18 s.d 21 Juni Tahun 2001 telah mengadakan gelar budaya internasional  2001  sebagai duta belanda.

Tahun 2002, SMA Bakti Mulya 400 Khususnya dan Sekolah – sekolah Bakti Mulya 400  telah mengembangkan teknologi penerapan teknologi informasi melalui sistem sekolah ON –line. Sehingga para  orang tua dapat mengikuti perkembangan/kemajuan prestasi putra  putrinya melalui akases Internet http//www.baktimulya400.com.

Tahun 2004, Sekolah yang terletak di Pondok Indah Jakarta Selatan tersebut telah ditunjuk sebagai Science Center Mata Pelajaran Bahasa Inggris oleh Dinas pendidikan  Menengah dan Tinggi Subdis SMA.Penunjukan ini bertujuan untuk meningkatkan  kwalitas pembelajaran Bahasa Inggris pada sekolah menengah Atas di Provinsi DKI Jakarta Raya.

Tahun 2004 SMA Bakti Mulya 400 di akreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Dikmenti Provinsi DKI Jakarta dan mendapatkan penilaian “A “. Tahun 2005, Siswa –siswi SMA Bakti Mulya400 kembali menunjukan kebolehannya melalui gelar pentas budaya Internasional di Turki yang diselenggarakan oleh TUFAG, bertemakan ”19th TUFAG International Folk Dance Festival Festival “ (From 25 June to 2 July 2005 – Yalova)

Di Samping perkembangan prestasi akademik  dan non akademik yang terus meningkat, untuk menghadapi Globalisasi Pendidikan, SMA Bakti Mulya 400 mulai pada tahun pelajaran 2006/2009, membuka kelas internasional “International Foundation Programme” pada kelas du belas (III) yang bekerja pada PT. Imperial Education Indonesia dan pada tahun 2008/2009 menyelenggarakan IFP sejak kelas X.

Pada tahun ajaran 2009/2010, SMA Bakti Mulya 400 akan menerapkan Sistem Moving Class sebagai persiapan pelaksana sekolah Katagori Mandiri (SKM/SKS)

Demikian Sejarah Singkat YBKSP dan Berdirinya SMA Bakti Mulya 400 serta Prestasi yang di capai sampai angkatan 8. Semoga SMA Bakti Mulya 400 terus berprestasi dan menjadi kembagaan bagimasyarakat DKI Jakarta dan bangsa Indonesia.